PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATA KULIAH LISTRIK MAGNET BERBASIS MULTIREPRESENTASI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Authors

  • Sudirman Universitas Sriwijaya

Keywords:

penelitian pengembangan, modul, multirepresentasi, Listrik Magnet

Abstract

Telah dihasilkan modul mata kuliah Listrik Magnet berbasis multirepresentasi yang telah dilakukan dan diujicobakan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika angkatan 2016 Universitas Sriwijaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul mata kuliah Listrik Magnet berbasis multirepresentasi yang valid dan praktis. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan produk oleh Rowntree dan pada tahap evaluasi peneliti menggunakan prosedur evaluasi formatif dari Tessmer. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough dan angket. Kevalidan modul ini dinilai oleh ahli dari tiga aspek yakni aspek isi (content), aspek desain dan aspek bahasa. Dari hasil validasi ahli (expert review) didapatkan nilai rata-rata dari ketiga validator sebesar 84,3 % dengan kategori valid. Kepraktisan modul ini dilihat dari skor rata-rata angket pada tahap one to one evaluation dan small group evaluation. Dari tahap one to one evaluation didapatkan nilai rata-rata sebesar 85,2% dengan kategori praktis. Dari hasil small group evaluation didapatkan nilai rata-rata sebesar 82,5% dengan kategori praktis. Hasil yang didapatkan dari tahap evaluasi ini menunjukkan bahwa Modul Mata Kuliah Listrik Magnet Berbasis Multirepresentasi yang dikembangkan telah valid dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Sudirman. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATA KULIAH LISTRIK MAGNET BERBASIS MULTIREPRESENTASI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 5(1), 105–112. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/233

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.