PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK LENSA BERBASIS STEM PADA MATAKULIAH OPTIK UNTUK MAHASISWA CALON GURU FISIKA
Keywords:
Penelitian pengembangan, Modul elektronik, STEMAbstract
Telah berhasil dikembangkan modul elektronik berbasis STEM pada materi lensa untuk mahasiswa calon guru Fisika pada mata kuliah optik yang valid dan praktis , penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang menggunakan model pengembangan Rowntree, dengan tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan , dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi digunakan evaluasi formatif Tessmer yaitu, self evaluation, expert review, one-to-one evaluation dan small group evaluation untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan modul elektorrnik. Aplikasi yang digunakan pada penelitian ini adalah flip pdf professional .Tahap expert review diperoleh rata-rata skor pada tahap validasi isi sebesar 4,93 (sangat valid), validasi tampilan modul sebesar 4, 88 (sangat valid), dan pada validasi Bahasa sebesar 4,75 (sangat valid).Tahap one-to-one evaluation dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata hasil penilaian angket tanggapan terhadap penggunaan modul elektronik sebesar 93,8%.pada tahap uji coba small group evaluation, rata-rata hasil penilaian angket ta nggapan mahasiswa terhadap penggunaan modul elektronik yang dikembangkan yaitu sebesar 85,7 % dengan kategori sangat praktis.