PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK LENSA BERBASIS STEM PADA MATAKULIAH OPTIK UNTUK MAHASISWA CALON GURU FISIKA

Authors

  • Fitriyani Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Sriwijaya
  • Sudirman Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Sriwijaya
  • Nely Andriani Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Sriwijaya

Keywords:

Penelitian pengembangan, Modul elektronik, STEM

Abstract

Telah berhasil dikembangkan modul elektronik berbasis STEM pada materi lensa untuk mahasiswa calon guru Fisika pada mata kuliah optik yang valid dan praktis , penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang menggunakan model pengembangan Rowntree, dengan tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan , dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi digunakan evaluasi formatif Tessmer yaitu, self evaluation, expert review, one-to-one evaluation dan small group evaluation untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan modul elektorrnik. Aplikasi yang digunakan pada penelitian ini adalah flip pdf professional .Tahap expert review diperoleh rata-rata skor pada tahap validasi isi sebesar 4,93 (sangat valid), validasi tampilan modul sebesar 4, 88 (sangat valid), dan pada validasi Bahasa sebesar 4,75 (sangat valid).Tahap one-to-one evaluation dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata hasil penilaian angket tanggapan terhadap penggunaan modul elektronik sebesar 93,8%.pada tahap uji coba small group evaluation, rata-rata hasil penilaian angket ta nggapan mahasiswa terhadap penggunaan modul elektronik yang dikembangkan yaitu sebesar 85,7 % dengan kategori sangat praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Fitriyani, Sudirman, & Nely Andriani. (2024). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK LENSA BERBASIS STEM PADA MATAKULIAH OPTIK UNTUK MAHASISWA CALON GURU FISIKA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 8(2), 228–235. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/285

Most read articles by the same author(s)