PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM ELEKTRONIKA BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA

Authors

  • Muhammad Muslim Universitas Sriwijaya

Keywords:

Modul, Elektronika, Berbasis Proyek, Research dan Development

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul praktikum elektronika dasar berbasis proyek yang dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Unsri. Metoda yang digunakan dalam penelitian adalah Research dan Development (R&D) yang mengacu pada penelitian pengembangan yang merujuk pada Thiagarjan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (a) Tahap Pendefinisian (define), (b) Tahap Perencanaan (Design), (c) Tahap Pengembangan (Develop) dan (d) Tahap Diseminasi (Disseminate). Pada tahap pengembangan (Develop) dilakukan evaluasi yang merujuk pada evaluasi Tesmer yang terdiri dari penilaian sendiri (self evaluation), validasi ahli (expert review ), uji orang perorangan (one to one evaluation), uji kelompok kecil (small group evaluation) dan pengujian lapangan (field test). Dari hasil penelitian berupa produk modul praktikum elektronika dasar berbasis proyek diperoleh tingkat kevalidan sebesar 82,07% dengan kategori valid, sedangkan tingkat kepraktisan ditinjau dari tahap uji coba produk pengembangan pada tahap one-to-one evaluatuion diperoleh hasil rata-rata sebesar 81,85% dengan kategori praktis dan rata-rata sebesar 86,79% dengan kategori sangat praktis pada tahap uji coba small group evaluation.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Muslim, M. (2024). PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM ELEKTRONIKA BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 150–156. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/148

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.