PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK MAHASISWA CALON GURU FISIKA
Keywords:
bahan ajar, berbasis praktikum, calon guru fisika.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh analisis kebutuhan pada mata kuliah Kajian fisika sekolah yang banyak menjelaskan konsep secara real dengan melakukan kegiatan praktikum. Perkuliahan selama ini belum memiliki bahan ajar yang lengkap berupa penjelasan alat, teori pendukung dan petunjuk praktikum secara terstruktur dan rinci untuk mendukung terlaksananya perkuliahan secara efektif. Tujuan mengembangkan bahan ajar berbasis praktikum sebagai upaya meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik mahasiswa calon guru fisika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri dari tahap perencanaan, pengembangan dan evaluasi. Bahan ajar berbasis praktikum yang divalidasi oleh dua orang validator dan diujicobakan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika sebanyak 26 mahasiswa dengan dua kali ujicoba yaitu one- to- one sebanyak 6 orang dan small group sebanyak 20 orang dalam rentang waktu yang berbeda. Hasil penilaian validator terhadap bahan ajar dengan skor 4,43 dengan kategori sangat valid, hasil ujicoba one- to- one dan small group dengan skor 4,4 dengan kategori sangat praktis. Disimpulkan pengembangan bahan ajar berbasis praktikum sudah valid dan praktis.