PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS INKUIRI UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan praktikum fisika berbsis inkuiri untuk mengembangkan keterampilan berpikir siswa sehingga layak digunakan dalam pembelajaran siswa SMA N Margabaru kelas X, ditinjau dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan, serta untuk mengetahui ketercapaian keterampilan berpikir siswa selama menggunakan panduan praktikum fisika berbsis inkuiri. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahapan Definition, Design, Development, dan Dissemination. Subjek coba pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri Margabaru sejumlah 46 orang dengan rincian: 10 siswa untuk uji kelompok kecil dan 36 siswa untuk uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, tes (post test), dan sebaran jawaban siswa. Masukan terhadap panduan praktikum hasil pengembangan pada tahap uji kelompok kecil digunakan untuk dasar perbaikan panduan praktikum pada uji coba tahap berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan praktikum fisika berbsis inkuiri yang dikembangkan di tinjau dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan baik menurut ahli materi, ahli media, dan guru fisika secara umum dalam kategori baik. Penerapan panduan praktikum fisika berbsis inkuiri dalam pembelajaran secara umum terlaksana sangat baik. Respon siswa terhadap penggunaan panduan praktikum fisika berbasis inkuiri dalam kategori baik. Pembelajaran dengan panduan praktikum berbasis inkuiri yang dikembangkan dapat mengembangkan keterampilan berpikir siswa.