ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MAHASISWA CALON GURU FISIKA DI FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Keywords:
Keterampilan Proses Sains, Keterampilan Proses Sains Dasar, Mahasiswa Calon Guru FisikaAbstract
Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Calon Guru Fisika Pada Mahasiswa Semester V Tahun Ajaran 2020/2021 di FKIP Universitas Sriwijaya. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dikhususkan untuk mengetahui keterampilan proses sains dasar pada materi kalor dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis berupa pilihan ganda beralasan. Dari penelitian yang dilakukan kemudian diukur penguasaan keterampilan proses sains mahasiswa calon guru fisika pada mahasiswa semester V di FKIP Universitas Sriwijaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan proses sains mahasiswa calon guru fisika di FKIP Universitas Sriwijaya pada mahasiswa semester V tahun ajaran
2020/2021 termasuk dalam kriteria sedang. Dimana untuk aspek keterampilan proses sains yang dominan yakni keterampilan proses sains aspek mengamati (60,47%) kriteria sedang. Diikuti oleh tiga aspek keterampilan proses sains dasar lainnya yakni aspek mengkomunikasi (59,69%), aspek menyimpulkan (51,16%), aspek memprediksi (46,51%) yang termasuk kreteria sedang, namun untuk aspek mengklasifikasi (37,98%) termasuk kriteria rendah. Maka keterampilan proses sains mahasiswa calon guru fisika harus ditingkatkan lagi.