ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL IPA DI SMP NEGERI KOTA PONTIANAK
Keywords:
keterampilan, proses sains siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa dalam menyelesaikan soal IPA di SMP Negeri Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survey studies. Populasi dalam penelitian ini adalah SMP Negeri Kota Pontianak dengan SMP Negeri 3 Pontianak, SMP Negeri 19 Pontianak dan SMP Negeri 24 Pontianak sebagai sampel penelitian yang diperoleh dengan teknik random sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes soal KPS yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisa data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahawa: 1) Keterampilan proses sains siswa SMP Negeri di Kota Pontianak berdasarkan tiap indikator, indikator yang mempunyai nilai tertinggi yaitu indikator mengamati dengan nilai rata-rata 89,9 dengan kategori sangat baik dan untuk indikator keterampilan proses sains terendah yaitu pada indikator menyimpulkan dengan nilai rata-rata 76,8 dengan kategori baik, untuk keterampilan proses sains pada indikator memprediksi dan mengkomunikasikan memiliki nilai rata-rata yang sama yaitu sebesar 83,3 dengan kategori baik, keterampilan proses sains untuk indikator mengklasifikasikan memiliki nilai rata-rata sebesar 77,6 dengan kategori cukup, keterampilan proses sains untuk indikator mengukur memiliki rata-rata sebesar 80 dengan kategori baik. 2) Keterampilan proses sains siswa SMP Negeri di Kota Pontianak berdasarkan gender, untuk gender perempuan memiliki nilai rata-rata 79,9 dan untuk gender laki-laki memiliki nilai rata-rata 83,4, Secara keseluruhan keterampilan proses sains siswa SMP Negeri di Kota pontianak dikategorikan baik. 3) Keterampilan proses sains siswa SMP Negeri di Kota Pontianak berdasarkan ranking sekolah, untuk semua indikator nilai keterampilan proses sains dengan ranking tertinggi memiliki nilai rata-rata 91,16 dengan kategori sangat baik, keterampilan proses sains untuk ranking sedang memiliki nilai rata-rata 92 dengan kategori sangat baik dan keterampilan proses sains untuk ranking rendah memiliki nilai rata-rata 61 dengan kategoricukup.