PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEREMIDIASI MISKONSEPSI PADA MATERI GAYA DAN HUKUM NEWTON TENTANG GERAK
Keywords:
bahan ajar kontekstual, gaya, hukum newton, miskonsepsiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun dan mengembangkan bahan ajar
berbasis kontekstual untuk meremidiasi miskonsepsi pada materi gaya dan hukum newton
tentang gerak yang praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang memiliki
tiga langkah utama yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Penelitian
dilaksanakan di program studi Pendidikan Fisika FKIP Unsri dengan subjek penelitian adalah
mahasiswa program studi Pendidikan Fisika yang mengambil mata kuliah fisika dasar 1 tahun
akademik 2016/2017. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan walktrough,
angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji validitas dan
kepraktisan. Hasil akhir bahan ajar yang dikembangkan yaitu bahan ajar berbasis kontekstual
materi gaya dan hukum Newton tentang gerak. Hasil analisis data walktrough dan angket
menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid dan sangat praktis. Berdasarkan hasil
analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan penelitian terpenuhi yaitu telah tersusun
dan berhasil dikembangkan bahan ajar berbasis kontekstual untuk meremidiasi miskonsepsi
pada materi gaya dan hukum newton tentang gerak yang praktis