DESAIN BAHAN AJAR FISIKA DALAM JARINGAN (DARING) BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA SMA
Keywords:
bahan ajar, dalam jaringan, karakter, pemanasan global.Abstract
Perkembangan teknologi, digital, dan adanya internet membuat bahan ajar semakin canggih, menarik, dan materi menjadi mudah dipahami. Namun perkembangan teknologi ini diiringi dengan penurunan karakter peserta didik. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar daring yang berorientasi pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bahan ajar fisika dalam jaringan (daring) materi pemanasan global berorientasi pendidikan karakter untuk peserta didik sekolah menengah atas. Artikel ini menyajikan desain dan hasil validasi bahan ajar daring yang berorientasi pendidikan karakter. Metode penelitian menggunakan design based research. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian bahan ajar dalam jaringan yang berorientasi pendidikan karakter untuk aspek konten, media, dan pendidikan karakter. Aspek karakter yang dinilai ada lima yaitu religius, gemar membaca, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, dan kejujuran. Penilai berjumlah lima orang ahli untuk menilai konten materi dan pendidikan karakter, dan tujuh orang ahli untuk menilai media. Uji validasi menggunakan persamaan Content Validity Rasio (CVR) dengan skala 0-1 dan dikategorikan. Hasil yang diperoleh, skor CVR untuk aspek konten 0,86 kategori sangat sesuai, aspek media dan pendidikan karakter 0,69 kategori sangat sesuai. Kesimpulannya bahwa bahan ajar daring berorientasi pendidikan karakter sangat sesuai dalam menerapkan pendidikan karakter.