PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI LISTRIK DINAMIS (SIMTRIDI) PADA PLATFORM SMARTPHONE UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA
Keywords:
Media Pembelajaran; Pembelajaran Daring; SIMTRIDI; SmartphoneAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang proses pengembangan media pembelajaran Simulasi Listrik Dinamis (SIMTRIDI) pada platform smartphone serta mendeskripsikan kelayakan produk menurut ahli media, ahli materi, dan respon siswa terhadap produk yang dikembangkan untuk pembelajaran fisika di SMA. Penelitian ini menggunakan metode small scale R & D yang mengadopsi langkah-langkah penelitian yang diajukan oleh Borg and Gall. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon siswa one to one, dan angket respon siswa kelompok kecil. Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 17 Tangerang yang terdiri atas 2 bagian yaitu 3 siswa kelas XIA dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah untuk ujicoba one to one, serta 15 siswa kelas XIB dan XIC untuk ujicoba kelompok kecil. Hasil ujicoba dianalisis menggunakan teknik persentase dan teknik analisis skala Likert. Adapun tahap pengembangan media pembelajaran ini antara lain: (1) tahap pengumpulan data, dilakukan dengan wawancara kepada guru fisika mengenai keterbatasan media di sekolah dan studi literatur dilakukan untuk mendapatkan teori yang akurat tentang perangkat lunak yang akan dijadikan landasan dalam menyelesaikan permasalahan; (2) tahap perencanaan yaitu penginstalan software, penentuan urutan materi listrik dinamis, pembuatan template; (3) tahap pengembangan draft produk awal yaitu pembuatan tampilan (user interface), dan pengkodean (coding) yang dilakukan dengan menggunakan software processing 3.0.2 dan software APDE (software processing pada smartphone) dengan menggunakan bahasa pemrograman JAVA, pengetesan untuk mengecek tahap pengkodean sudah berjalan baik atau belum; (4) tahap ujicoba awal yaitu penilaian produk kepada ahli media, ahli materi, dan siswa one to one; (5) tahap revisi awal yaitu melakukan revisi berdasarkan saran dan masukan dari ahli media, ahli materi, serta siswa one to one; (6) tahap ujicoba kelompok kecil yaitu melakukan ujicoba kepada 15 siswa kelompok kecil; (7) tahap revisi kedua yaitu melakukan revisi berdasarkan saran dan masukan dari siswa kelompok kecil; (8) tahap implementasi dan diseminasi yaitu diseminarkan maupun dipublikasikan melalui jurnal nasional serta diimplementasikan di beberapa SMA Negeri di Kabupaten Tangerang. Hasil validasi ahli media dan ahli materi diperoleh persentase sebanyak 90% dan 93% dengan kategori layak digunakan. Sedangkan untuk tanggapan siswa one to one mengenai aplikasi memiliki interpretasi sangat baik dan untuk respon siswa pada kelompok kecil mengenai aplikasi juga memiliki interpretasi sangat baik.Abstrak dibuat dalam 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.