EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • Tri Ariani STKIP-PGRI Lubuklinggau

Keywords:

aktifitas, efektivitas, Problem Based Learning (PBL), tanggapan dan pembelajaran fisika

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Fisika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016”. Rumusan masalahnya adalah, Apakah hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran fisika dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016 tuntas?, bagaimana Tanggapan siswa pada proses pembelajaran fisika dengan menggunakan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau Tahun pembelajaran 2015/2016?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktifitas belajar siswa dan tanggapan siswa dalam proses pembelajaran fisika dengan menggunakan model Problem Based Learning(PBL) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau Tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen kuasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau tahun ajaran 2015/2016 dan sebagai sampelnya adalah kelas VIII.8 yang berjumlah 36 siswa
dan diambil secara acak. Penggumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji t diperoleh thitung = 3,242 > ttabel = 1,697disimpulkan bahwa “penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning efektif, aktifitas belajar siswa aktif dan tanggapan siswa positif terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tri Ariani, STKIP-PGRI Lubuklinggau

Pendidikan Fisika

 

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Ariani, T. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 70–75. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/182

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.