PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
DOI:
https://doi.org/10.36706/jipf.v10i2.2Keywords:
Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Fisika; Problem Based Learning; Pendekatan Saintifik; Kemampuan Pemecahan Masalah; Momentum Sudut dan Keseimbangan Benda Tegar; Pendidikan FisikaAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrumen tes berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik pada materi momentum sudut dan keseimbangan benda tegar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan jenis 4D meliputi pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket uji kelayakan yang diisi oleh dosen dan mahasiswa pendidikan fisika yang sedang menempuh semester lima. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat layak dengan skor akhir rata-rata sebesar 95% untuk RPP, 91% untuk LKPD, dan 92% untuk instrumen tes. Perangkat pembelajaran telah direvisi sesuai dengan saran dari responden sehingga perangkat pembelajaran dapat diimplementasikan dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.