PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES TERMODINAMIKA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (PsACAr) PADA MAHASISWA CALON GURU FISIKA
Keywords:
Instrumen tes, pemecahan masalah, termodinamika, validitas dan reliabilitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes termodinamika untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah (PsACAr) pada mahasiswa calon guru fisika. Metode yang digunakan adalah DDR (Design, Development and Research) dengan model product and tool research melalui tahapan: analisis, desain, pengembangan dan evaluasi. Sampel yang digunakan dalam uji coba instrumen adalah 52 mahasiswa calon guru fisika yang telah menempuh mata kuliah termodinamika. Instrumen tes terdiri dari 20 butir soal uraian termodinamika yang memuat komponen pemecahan masalah; 1) Problem Schema (Ps), 2) Analogy (A), 3) Causal (C), 4) Argumentation (Ar). Pada tahap pengembangan dilakukan uji validitas isi dengan lima orang ahli atau pakar. Analisis yang digunakan dalam validitas isi adalah CVR (content validaty Ratio) dan didapatkan hasil bahwa instrumen tes yang dikembangkan “sesuai atau layak”. Selanjutnya dilakukan uji validasi konstruk untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen tes. Hasil menunjukkan bahwa 15 instrumen tes pemecahan masalah (PcACAr) dinyatakan valid dan reliabel sebesar 0.759 dengan kategori tinggi. Maka disimpulkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah termodinamika mahasiswa calon guru fisika.