PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI KELAS VIII.8 SMPN 1 KOTA BENGKULU
Keywords:
Problem Based Learning, Akivitas Belajar, Hasil Belajar, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII.8 yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 31 (kategori cukup), meningkat pada siklus II menjadi 34 (kategori baik), meningkat pada siklus III menjadi 37,5 (kategori baik) dan meningkat kembali pada siklus IV menjadi 39 (kategori baik). Hasil belajar kognitif siswa untuk siklus I diperoleh skor rata-rata 83,69 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 60,86%, meningkat pada siklus II menjadi 88,58 dengan ketuntasan belajar klasikal 78,26%, meningkat pada siklus III menjadi 91,84 dengan ketuntasan belajar klasikal 82,60% dan meningkat kembali pada siklus IV menjadi 92,93 dengan ketuntasan belajar klasikal 86,95%. Skor rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I sebesar 62,20; meningkat pada siklus II menjadi 72,46; meningkat pada siklus III menjadi 85,50 dan meningkat kembali pada siklus IV menjadi 90,94 . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa