PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ANDROID BERBASIS TEORI PERUBAHAN KONSEPTUAL MATERI TATA SURYA DAN FASE BULAN MATA KULIAH IPBA
Keywords:
Media Pembelajaran, Teori Perubahan Konseptual, Tata Surya dan Fase BulanAbstract
Telah berhasil dikembangkan media pembelajaran aplikasi android berbasis teori perubahan konseptual materi tata surya dan fase bulan mata kuliah IPBA yang valid dan praktis. Pengembangan media pembelajaran aplikasi android berbasis teori perubahan konseptual materi tata surya dan fase bulan mata kuliah IPBA ini mengadaptasi model pengembangan dari Rowntree yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari 5 tahap yaitu self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation dan field test. Pengujian media pembelajaran hanya untuk melihat kevalidan dan kepraktisan, sehingga tahap field test tidak dilaksanakan. Teknik pengumpulan data melalui walkthrough dan angket. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan fisika FKIP Universitas Sriwijaya. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2016 kelas indralaya yang dimana dalam hal ini diambil 3 siswa pada tahap one-to-one evaluation dan 9 mahasiswa pada tahap small group evaluation. Berdasarkan hasil yang didapat dari penelitian tersebut, didapati bahwa : (1) Hasil dari analisis data pada tahap Expert Review diperoleh rata-rata penilaian dari para ahli sebesar 93,25% dengan kriteria sangat valid; (2) Hasil dari analisis data one-to-one evaluation diperoleh rata-rata tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran sebesar 90,81% dengan kriteria sangat praktis dan pada tahap small group evaluation diperoleh rata-rata tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran sebesar 81,75% dengan kriteria praktis.