PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH LABORATORIUM FISIKA SEKOLAH BERDASARKAN ANALISIS KOMPETENSI

Authors

  • Murniati Universitas Sriwijaya

Keywords:

Bahan ajar, Mata kuliah laboratorium fisika sekolah, Analisis Kompetensi

Abstract

Penelitian ini telah menghasilkan paroduk bahan ajar mata kuliah laboratorium fisika sekolah berdasarkan analisis kompetensi dan Menguji efektifitas produk bahan ajar yang dikembangkan. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat menjadi rujukan bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah laboratorium fisika sekolah dan bagi dosen pengampu mata kuliah, menjadi tambahan rujukan serta bagi prodi pendidikan fisika menjadi koleksi bahan ajar. Metode penelitiannya adalah penelitian pengembangan yang menggunakan 10 langkah yaitu sebagai berikut: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Ujicoba produk, (7) Revisi produk, (8) Ujicoba pemakaian, (9) Revisi produk, dan (10) Produksi massal. Hasil pengembangannya terdiri dari 6 pokok bahasan yaitu desain laboratorium, fasilitas laboratorium, alat dan bahan laboratorium, perencanaan kegiatan laboratorium, administrasi laboratorium dan keselamatan kerja di laboratorium. Produk akhir yang sudah direvisi diujicoba pemakaian pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah laboratorium fisika sekolah semester genap tahun akademik 2014/2015.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Murniati. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH LABORATORIUM FISIKA SEKOLAH BERDASARKAN ANALISIS KOMPETENSI. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 155–162. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/82

Similar Articles

<< < 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.