DESAIN DAN EVALUASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI MOMEN INERSIA MENGGUNAKAN ARDUINO

Authors

  • Ridwan Hani Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Zakiyah Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadi Rusdiana Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Arduino, momen inersia, media, inovasi

Abstract

Kemajuan teknologi mendorong munculnya beragam inovasi produk pendidikan yang mendukung kegiatan belajar mengajar termasuk bidang fisika. Salah satunya adalah Arduino sebagai salah satu platform pengembangan media pembelajaran saat ini mulai marak diterapkan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain media pembelajaran berupa alat praktikum untuk materi momen inersia dan mengevaluasi penggunannya terhadap peserta didik. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA Negeri di kota Bandung dengan populasi seluruh kelas XI IPA. Adapun jenis penelitian adalah pra eksperimental dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Instrumen yang dikembangkan untuk pengumpulan data berupa tes objektif dan lembar respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan dan peningkatan yang signifikan berdasarkan hasil uji Wilcoxon dan n-gain dengan hasil uji masing-masing sebesar 0,000 dan 0,75.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Ridwan Hani, Sri Zakiyah, & Dadi Rusdiana. (2024). DESAIN DAN EVALUASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI MOMEN INERSIA MENGGUNAKAN ARDUINO. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 10(1), 63–73. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/267

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.