KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KONSEP PADA POKOK BAHASAN CAHAYA
Keywords:
pembelajaran interaktif berbasis konsep, aktivitas, prestasiAbstract
Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajar di kelas VIII, rata-rata nilai ulangan siswa masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).Hal ini dikarenakan guru di kelas sangat mendominasi, sedangkan siswanya cenderung pasif. Dalam penelitian ini peneliti melakukan pembelajaran menggunakan Pendekatan Pembelajaran Interaktif Berbasis Konsep dengan tujuan meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang Jaya. Berdasarkan hasil penelitian, keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran interaktif berbasis konsep menunjukkan peningkatan sebesar 20%. Prestasi belajar siswa pendekatan pembelajaran interaktif berbasis konsep menunjukkan peningkatan pada setiap pertemuan, pertemuan pertama rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,13 dan pertemuan kedua rata-rata hasil belajar siswa adalah 83,07. Sehingga dengan menggunakan pendekatan pembelajaran interaktif berbasis konsep dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.