KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KONSEP PADA POKOK BAHASAN CAHAYA

Authors

  • Srilistari SMP Negeri 1 Belitang Jaya, Kab. Ogan Komering Ulu Timurs
  • Lismawati Magister Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya, Jl. Srijaya Negara Bukit Besar, Palembang

Keywords:

pembelajaran interaktif berbasis konsep, aktivitas, prestasi

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajar di kelas VIII, rata-rata nilai ulangan siswa masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).Hal ini dikarenakan guru di kelas sangat mendominasi, sedangkan siswanya cenderung pasif. Dalam penelitian ini peneliti melakukan pembelajaran menggunakan Pendekatan Pembelajaran Interaktif Berbasis Konsep dengan tujuan meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang Jaya. Berdasarkan hasil penelitian, keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran interaktif berbasis konsep menunjukkan peningkatan sebesar 20%. Prestasi belajar siswa pendekatan pembelajaran interaktif berbasis konsep menunjukkan peningkatan pada setiap pertemuan, pertemuan pertama rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,13 dan pertemuan kedua rata-rata hasil belajar siswa adalah 83,07. Sehingga dengan menggunakan pendekatan pembelajaran interaktif berbasis konsep dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Srilistari, & Lismawati. (2024). KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KONSEP PADA POKOK BAHASAN CAHAYA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(2), 170–177. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/68

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.