KEMAMPUAN GURU IPA SMP DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
Keywords:
Profil guru IPA, perangkat pembelajaran, keterampilan berpikir kritisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan guru IPA SMP di Kota Palembang dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis keterampilan berpikir kritis. Subjek penelitian adalah 26 orang guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil angket menunjukkan bahwa sebanyak 96% guru IPA SMP telah menerapkan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran. Sebanyak 62% guru IPA menyatakan tidak pernah mengikuti pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran (RPP, LKPD, dan bahan ajar) berbasis keterampilan berpikir kritis. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pretest 53.33 dan nilai rata-rata posttest 79.17. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil pelatihan yang diberikan kepada peserta pelatihan.