KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSEPTUAL INTERAKTIF
Keywords:
pembelajaran konseptual interaktif, pendekatan multirepresentasi, kemampuan multirepresentasi, usaha dan energiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran capaian kemampuan multipresentasi siswa pada materi usaha dan energi melalui penerapan pembelajaran konseptual interaktif dengan pendekatan multirepresentasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experiment dengan desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-postest. Subjek dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas X MIA 1 di salah satu SMA Negeri Sumedang. Penelitian ini menggunakan perangkat instrumen tes multirepresentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pencapaian kemampuan multirepresentasi yang optimal. Sedangkan persentase terbesar capaian keterampilan komunikasi ilmiah (KKI) berdasarkan hasil tes uraian sebesar 100% yaitu mentranslasi representasi gambar menjadi representasi diagram batang energi. Dapat disimpulkan bahwa, penerapan pembelajaran konseptual interaktif dengan pendekatan multirepresentasi dapat mengoptimalkan kemampuan multirepresentasi siswa pada materi usaha dan energi.