ANALISIS MOTIVASI BELAJAR FISIKA MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Yolanda D. V. Karawahenni Universitas Negeri Malang

Keywords:

Motivasi, Fisika, Pembelajaran daring, Video pembelajaran, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis motivasi belajar fisika pada masa pandemi Covid-19 melalui pemanfaatan video pembelajaran. Penelitian deskriptif kuantitatif ini berfokus pada kelas X SMK di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan angket motivasi dengan 4 aspek yang terdiri dari attention, relevance, confidence, dan satisfaction. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif, dikategorikan, dan dianalisis menggunakan paired t test. Hasil analisis menunjukkan nilai sig. 0,002 < 0,05 yang berati ada perbedaan motivasi belajar peserta didik pada masa pandemi Covid-19 sebelum dan sesudah penggunaan video pembelajaran yang dapat dilihat melalui peningkatan rata-rata skor motivasi peserta didik meskipun aspek satisfaction mengalami penurunan. Hal ini berarti bahwa video pembelajaran dapat digunakan sebagai media peningkatan motivasi belajar pada masa pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yolanda D. V. Karawahenni, Universitas Negeri Malang

Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Karawahenni, Y. D. V. (2024). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR FISIKA MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 8(2), 218–227. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/280

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.