ANALISIS MOTIVASI BELAJAR FISIKA MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
Motivasi, Fisika, Pembelajaran daring, Video pembelajaran, Pandemi Covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis motivasi belajar fisika pada masa pandemi Covid-19 melalui pemanfaatan video pembelajaran. Penelitian deskriptif kuantitatif ini berfokus pada kelas X SMK di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan angket motivasi dengan 4 aspek yang terdiri dari attention, relevance, confidence, dan satisfaction. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif, dikategorikan, dan dianalisis menggunakan paired t test. Hasil analisis menunjukkan nilai sig. 0,002 < 0,05 yang berati ada perbedaan motivasi belajar peserta didik pada masa pandemi Covid-19 sebelum dan sesudah penggunaan video pembelajaran yang dapat dilihat melalui peningkatan rata-rata skor motivasi peserta didik meskipun aspek satisfaction mengalami penurunan. Hal ini berarti bahwa video pembelajaran dapat digunakan sebagai media peningkatan motivasi belajar pada masa pandemi Covid-19.