STUDI KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Authors

  • Gerry Sugiarto Mahasiswa Magister Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya
  • Nely Andriani Dosen Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya
  • Muhamad Yusup Dosen Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya

Keywords:

Kemampuan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP UNSRI dalam membuat RPP mata pelajaran fisika kelas X pada pokok bahasan gerak lurus. Penelitian dilakukan terhadap 16 orang mahasiswa pendidikan fisika semester VII tahun akademik 2010/2011 yang mengikuti kegiatan PPL II.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif non-eksperimen. Instrumen penelitian berupa checklist kemampuan RPP yang berdasarkan pada permendiknas no 41 tahun 2007 dengan merujuk pada APKG 1 dan penilaian perencanaan pembelajaran dari UPPL berupa 10 indikator dengan masing – masing 3 deskriptor. Dalam pengumpulan data digunakan dokumentasi RPP dengan data pendukung wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mampu membuat RPP. Dari 10 indikator yang ada mahasiswa mampu membuat 6 indikator yang ada yaitu standar kompetensi, kompetensi dasar, rumusan pengalaman belajar, penentuan metode pembelajaran, alokasi waktu, dan penentuan sumber belajar. Namun, 4 indikator mengalamai kesulitan yaitu menentukan rumusan indikator pencapaian hasil, penyusunan materi pelajara, penentuan, media/alat pembelajaran, dan penetapan alat penilaian.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Gerry Sugiarto, Nely Andriani, & Muhamad Yusup. (2024). STUDI KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP). Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(1), 48–54. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/170

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.