PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA
Keywords:
ekspositori, fisikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar fisika siswa SMA Setelah diterapkan strategi pembelajaran ekspositori pada X SMA Negeri 8 Lubuklinggau. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa Kelas X SMA Negeri 8 Lubuklinggau?. Tujuan dari penelitian ini, yakni untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa Kelas X SMA Negeri 8 Lubuklinggau. Model penelitiannya adalah penelitian eksperimen semu. Populasinya seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Lubuklinggau
sebanyak 121 orang. Sebagai sampel adalah kelas X.1 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berupa tes essai sebanyak enam soal. Rata-rata hasil pre test uji kelas eksperimen sebesar 25,5. Rata-rata hasil post test uji kelas eksperimen sebesar 84,29. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t pada taraf signifikan, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspsositori siswa kelas X SMA Negeri 8 Lubuklinggau.