PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA

Authors

  • Tri Ariani STKIP-PGRI Lubuklinggau Jl.Mayor Toha Kel.Air Kuti

Keywords:

ekspositori, fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar fisika siswa SMA Setelah diterapkan strategi pembelajaran ekspositori pada X SMA Negeri 8 Lubuklinggau. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa Kelas X SMA Negeri 8 Lubuklinggau?. Tujuan dari penelitian ini, yakni untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa Kelas X SMA Negeri 8 Lubuklinggau. Model penelitiannya adalah penelitian eksperimen semu. Populasinya seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Lubuklinggau
sebanyak 121 orang. Sebagai sampel adalah kelas X.1 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berupa tes essai sebanyak enam soal. Rata-rata hasil pre test uji kelas eksperimen sebesar 25,5. Rata-rata hasil post test uji kelas eksperimen sebesar 84,29. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t pada taraf signifikan, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspsositori siswa kelas X SMA Negeri 8 Lubuklinggau.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-01-19

How to Cite

Tri Ariani. (2024). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 18–26. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/292

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.