PROFIL PEMBELAJARAN TERPADU PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Soesy Sri Wulandari Universitas Negeri Surabaya
  • Prabowo Prabowo Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Supardi Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

IPA, Profil pembelajaran terpadu, SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPA di sekolah menengah pertama yaitu bagaimana membuat proses perencanaan pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPA di sekolah menengah pertama.Data yang terkumpul dideskripsikan dan dianalisis setelah diadakan reduksi dan diperiksa keabsahannya dengan menggunakan trianggulasi metode. Hasil analisis deskriptif tersebut diperoleh temuan-temuan atas jawaban-jawaban pertanyaan-pertanyaan penelitian dan selanjutnya dikemukakan suatu kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ditemukan guru yang belum mengintegrasikan pembelajaran secara terpadu yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Berdasarkan temuan tersebut , maka dapat disimpulkan bahwa profil pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPA di sekolah menengah pertama belum sesuai dengan karakteristik pembelajaran terpadu.Penyebab utama kondisi tersebut adalah guru belum memahami karakteristik pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPA

Author Biographies

Soesy Sri Wulandari, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Sains

Prabowo Prabowo, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Sains

Imam Supardi, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Sains

References

Bruscato, J., and DeRosa, D.A. (2010), Teaching children science. Discovery methods for elementary and middle grades.Allyn Bacon. New York. Anderson, L. W., and Krathwohl, A. (2001).A taxonomy for learning, teaching, and assessing. A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. Addison Wesley Longman.

New York. Assaraf, O. B., & Orion, N. (2010).System Thinking Skills at the Elementary School Level.Journal Research in Science Teaching.Vol. 47, N0. 5, pp. 540–563.

Bell, R. L., Smetana, L., and Binns, I. (2005).Simplifying inquiry instruction.Assessing the inquiry level of classroom activities.The Science Teacher 72 No. 7, pp. 30-33. Collins, R. (2014). Skills for the 21st Century: teaching higher-order thinking. Curruculum& Leadership Journal, An Electronic Journal for Leaders in Education.Vol 12 Issue 14.

Davies, M., Brown, R.S. (2011) A Programmatic Approach to Teaming and Thematic Instruction.North Carolina Middle School Association Journal.Fal 2011 Vol 26 No 1.Pp 1- 17.

Fisher, R. (2001). Philosophy in Primary Schools: fostering thinking skills and literacy. Reading, pp. 67-73.

Fogarty, R. (1991). How to Integrate the Curricula.Palatine. Illinois: IRI/ Skylight Publishing, Inc. Gronlund, N.E. (2003). Assessment of Student Achievement. Pearson education: New York.

Haji, J., Bemby, A.B., &Sentosa, I. (2013). The Intelligence, Emotional, Spiritual Quotients and Quality of Managers, Global Journal of Management and Business Research. Volume 13 Issue 3 Version 1.0, 1-12.

Hassard, J. (2005). The Art of Teaching Science, Inquiry and Innovation in Middle school and high school.Oxford University Press. New York

Downloads

Published

2025-08-12