PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Keywords:
Pendekatan Saintifik, Keterampilan Berpikir Kritis, Fluida StatisAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis di SMA Mujahidin Pontianak. Rancangan One Group Pre-test Post-test design pada metode pre-experimental digunakan dalam penelitian ini. Instrumen keterampilan berpikir kritis dalam penelitian adalah soal berbentuk pilihan ganda berjumlah 8 (delapan) butir soal. Alat pengumpul data yang digunakan berupa soal, yaitu 8 soal dalam bentuk pilihan ganda. Penelitian ini melibatkan 25 peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Mujahidin Pontianak sebagai sampel yang dipilih secara intact dengan random sampling technique. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata peningkatan skor (gain score) keterampilan berpikir kritis adalah 0,30 dengan kategori sedang. Hasil penelitian diharapkan memberikan alternatif pengembangan proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis.