SIKAP ILMIAH SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM PADA PEMBELAJARAN FISIKA
Keywords:
Pendekatan STEM, Problem Based Learning, Sikap IlmiahAbstract
Penerapan Kurikulum 2013 sangat memerlukan keaktifan siswa pada proses pembelajaran, sehingga siswa tidak pasif dan pengetahuan dasar yang dimiliki siswa dapat dikembangkan. Tinggi rendahnya sikap ilmiah akan memengaruhi cara berpikir siswa dalam proses pembelajaran, seperti cara siswa bisa terbuka terhadap opini orang lain, mengatakan sesuatu sesuai fakta, objektif dan menyimpulkan suatu hal dengan pertimbangan yang matang. Oleh karena itu, kreativitas guru dalam merancang ide baru mengenai pelaksanaan pembelajaran juga sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap ilmiah siswa selama pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan STEM pada pembelajaran fisika. Data sikap ilmiah siswa diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan oleh observer menggunakan lembar observasi. Sampel peneltian ini adalah 36 siswa kelas X IPA 1 di MAN 2 Jember. Berdasarkan hasil analisis data secara deskriptif diperoleh nilai rata-rata nilai sikap ilmiah siswa di kelas X IPA 1 termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning dengan pendekatan STEM dapat memicu sikap ilmiah siswa mencapai kategori baik.