PENGGUNAAN SOFTWARE CROCODILE PHYSICS 6.0.5 DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB)

Authors

  • Cicylia Triratna Kereh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Pattimura
  • Wa Ode Asryanty Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Pattimura
  • Heppy Sapulette Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Pattimura

Keywords:

Software Crocodile Physics 6.0.5, Hasil Belajar, Penguasaan Materi, GLBB

Abstract

Kebanyakan guru fisika di Maluku masih mengajar secara konvensional. Sebagian guru terutama di perkotaan sudah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), akan tetapi terbatas untuk mempresentasikan materi yang disiapkan dalam program power point. Situasi ini terjadi juga di salah satu sekolah menengah atas negeri di Maluku Tengah yang berujung pada penguasaan materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) yang rendah oleh peserta didik, terutama pembahasan mengenai grafik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencapai hasil belajar fisika dan meningkatkan penguasaan materi GLBB dengan menggunakan software simulasi Crocodile Physics 6.0.5. Penelitian ini bersifat deskriptif. Sampel dalam penelitian adalah peserta didik kelas X MIA3 suatu SMA Negeri di Maluku Tengah yang berjumlah 23 orang. Kemampuan peserta didik pada tes awal sangat rendah dengan skor rata-rata sebesar 9,6 yang artinya berkualifikasi gagal. Setelah proses pembelajaran menggunakan software Crocodile Physics 6.0.5, hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik. Hal ini terlihat pada hasil rata-rata skor pencapaian yang diperoleh peserta didik pada aspek kognitif, afektif, psikomotor berturut-turut adalah 85,6; 86,9; dan 86,7. Ini berarti hasil belajar kelompok peserta didik tersebut dalam ketiga aspek ada pada kualifikasi baik. Rata-rata skor pencapaian tes formatif mereka juga baik (86,5). Selain itu, nilai uji n-gain rata-rata diperoleh 0,8 yaitu pada kategori tinggi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dua hal yaitu: (1) peserta didik berhasil mencapai hasil belajar yang baik dalam materi GLBB; dan (2) terjadi peningkatan penguasaan mereka dalam materi tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Cicylia Triratna Kereh, Wa Ode Asryanty, & Heppy Sapulette. (2024). PENGGUNAAN SOFTWARE CROCODILE PHYSICS 6.0.5 DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB). Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(1), 64–80. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/165

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.