PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DALAM PEMBELAJARAN IPA-FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI GLBB PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 MALUKU TENGAH
Keywords:
Model CLIS, Penguasaan Materi, GLBBAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi peserta didik melalui model
pembelajaran Chilldren Learning In Science (CLIS) yang diajarkan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5
Maluku Tengah pada materi gerak luru berubah beraturan (GLBB). Tipe penelitian ini adalah tipe penelitian
deskriptif menggunakan one group pretest-posttes dengan sampel kelas VIII1 sebanyak 18 peserta didik yang
diambil secara acak (random). Instrument penelitian berupa tes dan non tes, instrument tes berupa tes awal dan
tes akhir sedangkan instrument non tes berupa lembar kerja peserta didik (LKPD). Hasil penelitian menunjukan
bahwa pada tes awal, 100% peserta didik berada pada kualifikasi gagal, dengan rerata skor pencapain 30,10. Hasil
analisis selama prores pembelajaran berlangsung menggunakan model pembelajaran CLIS menunjukan bahwa
rerata skor pencapaian peserta didik adalah 86,59 berada pada kualifikasi sangat baik. Rerata skor pencapaian tes
akhir peserta didik mencapai 77,24 berada pada kualifikasi baik. Untuk hasil uji N-Gain diperoleh rerata skor
peserta didik 0,7 berada pada kualifikasi tinggi. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran CLIS dapat meningkatkan penguasaan materi GLBB.