PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAININGPADA PEMBELAJARAN IPA (FISIKA) KELAS VII DI SMP NEGERI 20 PALEMBANG
Keywords:
hasil belajar siswa, inquiry training, kalorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor di kelas VII SMPN 20 Palembang. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 20 Palembang yang terdiri dari 10 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sehingga terpilihlah kelas VII.10 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakkan adalah tes, dengan bentuk instrumen yang digunakkan berupa soal pretest dan posttest dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisa data yang digunakan adalah statistik parametrik yaitu uji-t taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inquiry training dengan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan kalor di kelas VII SMPN 20 Palembang yang ditunjukkan oleh uji hipotesis yang menggunakan uji-t dua pihak. Dari hasil belajar siswa didapat nilai rata-rata kelas eksperimen yakni 72,03 dan kelas kontrol yakni 65,12. Hasil perhitungan statistik diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,95 >1,996. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor kelas VII di SMPN 20 Palembang.