IMPLEMENTASI IBL DENGAN FLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM MATERI PERUBAHAN IKLIM
Keywords:
Flipped Classroom, Kemampuan Berpikir Sistem, Inquiry Based Learning (IBL), STEMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh IBL STEM dengan Flipped Classroom pada topik perubahan iklim terhadap peningkatan kemampuan berpikir sistem siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pagelaran Pringsewu. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 yang berjumlah 28 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan Non-equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir sistem dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,72 kategori tinggi. Hasil Independent Sample T-test diperoleh bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang menunjukkan pengaruh treatment secara signifikan terhadap kemampuan berpikir sistem siswa. Besarnya pengaruh treatment juga ditunjukkan dari nilai Cohen’s (d) sebesar 2,79 dengan kategori besar. Hal ini menunjukan pembelajaran fisika pada materi perubahan iklim menggunakan model Inquiry Based Learning STEM dengan Flipped Classroom berpengaruh meningkatkan kemampuan berpikir sistem siswa.