ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA PENDAHULUAN FISIKA INTI DENGAN BLENDED LEARNING

Authors

  • Murniati Murniati Universitas Sriwijaya
  • Richo Khusuma Universitas Sriwijaya

Keywords:

Kesulitan Belajar, Blended Learning, Pendahuluan Fisika Inti

Abstract

Penggunaan Blended Learning pada mata kuliah Pendahuluan Fisika Inti sudah dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya.  Tujuan penelitiannya untuk mengetahui kesulitan belajar mahasiswa dalam berinteraksi, memahami materi, berkonsentrasi, mengerjakan tugas/ujian, serta berkolaborasi. Manfaat penelitiannya untuk mencarikan alternatif untuk mengatasi permasalahan kesulitan belajar pada mahasiswa. Metode penelitiannya deskriptif kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif yang menampilkan grafik, distribusi frekuensi, dan tabel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan 29 butir pernyataan positif dan 5 skala pilihan/jawaban yang disebarkan secara online melalui WhatsApp yang berbentuk google form. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya berjumlah 42 responden. Terdapat lima indikator kesulitan belajar, yang paling tinggi kesuliatan dialami mahasiswa dalam berkonsentrasi dengan indeks  persen paling kecil 67,38% dan kesulitan belajar paling rendah dalam berkolaborasi karena indeks persenya paling tinggi 81,75%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Murniati, M., & Khusuma, R. (2024). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA PENDAHULUAN FISIKA INTI DENGAN BLENDED LEARNING. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 10(2), 179–187. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/11

Similar Articles

<< < 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.