PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL DENGAN APLIKASI CANVA D-ID AI PRESENTERS BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL GASING PADA MATERI GERAK MELINGKAR
Keywords:
Learning media, Comics, Artificial Intelligence, Circular motionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran komik digital dengan aplikasi Canva D-ID AI Presenters berbasis permainan tradisional gasing pada materi gerak melingkar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi dari langkah-langkah penelitian sugiyono. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Shailendra Palembang yang berjumlah 15 orang. Kevalidan media pembelajaran komik digital dengan aplikasi Canva D-ID AI Presenters berdasarkan hasil rata-rata penilaian ahli media, ahli materi, dan ahli Bahasa sebesar 88,59% dengan kategori sangat valid. Hasil respon guru diperoleh dengan rata-rata persentase 93,29% dengan kategori sangat praktis. Hasil respon siswa pada kelompok kecil diperoleh dengan rata-rata persentase 89% kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran komik digital dengan aplikasi Canva D-ID AI Presenters berbasis permainan tradisional gasing pada materi gerak melingkar ini valid dan dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah.