PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL DENGAN APLIKASI CANVA D-ID AI PRESENTERS BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL GASING PADA MATERI GERAK MELINGKAR

Authors

  • Jamiatul Kharunnisa Putri UIN Raden Fatah Palembang
  • Adelia Lestari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Andi Putra Sairi
  • Faizatul Mabruroh
  • M. Reza Dwi Saputra

Keywords:

Learning media, Comics, Artificial Intelligence, Circular motion

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran komik digital dengan aplikasi Canva D-ID AI Presenters berbasis permainan tradisional gasing pada materi gerak melingkar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi dari langkah-langkah penelitian sugiyono. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Shailendra Palembang yang berjumlah 15 orang. Kevalidan media pembelajaran komik digital dengan aplikasi Canva D-ID AI Presenters berdasarkan hasil rata-rata penilaian ahli media, ahli materi, dan ahli Bahasa sebesar 88,59% dengan kategori sangat valid. Hasil respon guru diperoleh dengan rata-rata persentase 93,29% dengan kategori sangat praktis. Hasil respon siswa pada kelompok kecil diperoleh dengan rata-rata persentase 89% kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran komik digital dengan aplikasi Canva D-ID AI Presenters berbasis permainan tradisional gasing pada materi gerak melingkar ini valid dan dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Putri, J. K., Lestari, A., Sairi, A. P., Mabruroh, F., & Dwi Saputra, M. R. (2024). PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL DENGAN APLIKASI CANVA D-ID AI PRESENTERS BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL GASING PADA MATERI GERAK MELINGKAR. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 11(2), 194–202. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/362

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 

You may also start an advanced similarity search for this article.