PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI CAHAYA BERMUATAN Al-QUR’AN UNTUK SEKOLAH MUHAMMADIYAH
Keywords:
Pengembangan, multimedia pembelajaran interaktif, bermuatan Al-Qur`an, konsep cahayaAbstract
Produk penelitian pengembangan ini adalah multimedia pembelajaran interaktif materi cahaya bermuatan ayat Al-Qur`an. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Muhammadiyah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli, angket dan lembar observasi. Pengolahan data menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitataif deskriptif. Hasil validasi dan uji coba lapangan terhadap produk multimedia yang dikembangkan, untuk aspek teknis 83,3%, untuk aspek komunikasi 87,7% dan untuk aspek desain 87,4%, sehingga rata-rata hasil penilaian produk sebesar 86,1% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif materi cahaya bermuatan Al-Qur’an yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah Muhammadiyah