EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GETARAN HARMONIS BERBASIS VIDEO DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BANDUNG

Authors

  • I Gede Rasagama Politeknik Negeri Bandung

Keywords:

video pembelajaran youtube.com, pemahaman konsep, getaran harmonis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep, sub pemahaman konsep, dan persepsi mahasiswa terhadap efektivitas pembelajaran getaran harmonis berbasis video. Penelitian menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest post test group control. Subyek penelitian adalah mahasiswa kelas 1A sebagai kelas kontrol dan mahasiswa kelas 1B sebagai kelas eksperimen dari Program Studi DIII Teknik Aeronautika, Politeknik Negeri Bandung. Hasil penelitian menunjukkan: (i) rerata skor peningkatan pemahaman konsep mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing 42.0% dan 17.5%, dengan signifikansi dibawah 5%; (ii) rerata skor peningkatan kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk sub pemahaman mengenal konsep, masing-masing 31.4% dan 3.6%, dengan signifikansi dibawah 5%, untuk sub pemahaman menjelaskan konsep, masing-masing 56.5% dan 29.4%, dengan signifikansi dibawah 5% dan untuk sub pemahaman menginterpretasi konsep, masing-masing 37.3% dan 14.7%, dengan signifikansi dibawah 5%. (iii) persepsi mahasiswa kelas eksperimen terhadap efektivitas pembelajaran getaran harmonis berbasis video adalah 3.2 skala Likert, dengan kategori diantara baik dan sangat baik. Pembelajaran pada kelas eksperimen lebih efektif dibanding pembelajaran pada kelas kontrol. Pembelajaran Fisika baik di tingkat sekolah menengah seperti SMP, SMA, dan SMK maupun Tahun Pertama Perkuliahan Fisika Perguruan Tinggi sebaiknya juga memanfaatkan video-video pembelajaran, yang bersumber dari http://youtube.com.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

I Gede Rasagama. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GETARAN HARMONIS BERBASIS VIDEO DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BANDUNG. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(2), 178–190. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/77

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.