EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CENTRIFUGE MANUAL SEDERHANA SEBAGAI ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Keywords:
Alat Peraga, Centrifuge, Hasil Belajar IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan centrifuge manual sederhana sebagai alat laboratorium dan alat peraga dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa SMPN 14 Kota Bengkulu. Metode penelitian termasuk kedalam Quasi Eksperimental Design dalam bentuk Nonequivalent Control Grup Design. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data post-test terhadap kelas eksperimen dan kontrol menggunakan dengan perhitungan uji t menggunakan rumus Independent Sample t test hasil diketahui nilai signifikansi (0,000 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan Hi diterima. Maka rata-rata hasil belajar IPA post-test siswa kelas eksperimen yang menggunakan Centrifuge manual sederhana sebagai alat peraga lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol tanpa menggunakan alat peraga. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan centrifuge manual sederhana sebagai alat laboratorium dan sebagai alat peraga dalam pembelajaran IPA yang digunakan efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 14 Kota Bengkulu.