KEMAMPUAN GURU IPA SMP DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Leni Marlina Program Studi Magister Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universits Sriwijaya
  • Ida Sriyanti Program Studi Magister Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universits Sriwijaya
  • Muhammad Yusup Program Studi Magister Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universits Sriwijaya

Keywords:

Profil guru IPA, perangkat pembelajaran, keterampilan berpikir kritis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan guru IPA SMP di Kota Palembang dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis keterampilan berpikir kritis. Subjek penelitian adalah 26 orang guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil angket menunjukkan bahwa sebanyak 96% guru IPA SMP telah menerapkan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran. Sebanyak 62% guru IPA menyatakan tidak pernah mengikuti pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran (RPP, LKPD, dan bahan ajar) berbasis keterampilan berpikir kritis. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pretest 53.33 dan nilai rata-rata posttest 79.17. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil pelatihan yang diberikan kepada peserta pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Leni Marlina, Ida Sriyanti, & Muhammad Yusup. (2024). KEMAMPUAN GURU IPA SMP DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(2), 130–135. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/72

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.