KEMAMPUAN BERPIKIR SECARA EKSPERIMEN DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA ANGKATAN 2013 DAN 2015

Authors

  • Tyas Amelia Universitas Sriwijaya

Keywords:

Hukum Gerak Newton, Kemampuan Bepikir Eksperimen, Pemecahan Masalah, Pendidikan Fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan berpikir secara eksperimen mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya dalam memecahkan masalah dengan cara menganalisis pada materi Hukum Gerak Newton. Subyek penelitian yaitu mahasiswa pendidikan fisika angkata 2013 dan 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan non tes. Penelitian ini dilakukan dengan 2 tahap. tahap pertama tes berupa soal uraian tentang Hukum Gerak Newton dilakukan kepada 85 mahasiswa angkatan 2013 dan 71 mahasiswa angkatan 2015. Jawaban tersebut diperiksa melalui rubrik skor. Tahap kedua tes berupa soal uraian
tentang Hukum Gerak Newton dilakukan kepada 20 mahasiswa yang mendapatkan nilai tertinggi dari tahap pertama dan dilanjutkan dengan teknik non tes berupa wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa angkatan 2015, 20% masuk dalam
jenis berpikir yang bersifatdestructive dan 80% mahasiswa masuk dalam jenis berpikir yang bersifat constructive, sedangkan mahasiswa angkatan 2013, 30% mahasiswa masuk dalam jenis berpikir yang bersifat destructive, 20% mahasiswa masuk dalam jenis beprikir yang bersifat constructive, dan 50% mahasiswa masuk dalam jenis berpikir yang bersifat platonic. Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa angkatan 2015 masuk dalam klasifikasi berpikir secara eksperimen menurut Brown yang bersifat constructive dan mahasiswa angkatan 2013 masuk dalam klasifikasi berpikir secara eksperimen menurut Brown yang bersifat platonic.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tyas Amelia , Universitas Sriwijaya

Pendidikan Fisika

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Amelia , T. (2024). KEMAMPUAN BERPIKIR SECARA EKSPERIMEN DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA ANGKATAN 2013 DAN 2015. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 6–13. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/70

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.