PENGEMBANGAN SIKAP EKOLOGIS MELALUI PEMBELAJARAN ECOPHYSICS BERBASIS ECOPEDAGOGY

Authors

  • Nurasyah Dewi Napitupulu Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

sikap ekologis, ecophysics, ecopedagogy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan sikap peduli lingkungan (green behaviour) mahasiswa calon guru fisika terhadap berbagai isu masalah lingkungan. Pengembangan green behaviour dilakukan dengan pendekatan ecopedagogy dalam pembelajaran ecophysics. Subjek penelitian berjumlah 55 mahasiswa. Kelompok kontrol (N=25) mengikuti perkuliahan tanpa pendekatan ecopedagogy, sedangkan kelompok eksperimen (N=30) mengikuti perkuliahan dengan pendekatan ecopedagogy. Data sikap ekologis dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket skala sikap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dari skor rata-rata kelompok kontrol. Skor rata-rata pada kategori isu ekologis pemanasan global, menipisnya sumber-sumber energi, dan polusi mengalami peingkatan. Diperoleh bahwa skor rata-rata tertinggi berada pada kategori isu polusi. Disimpulkan bahwa pendekatan ecopedagogy pada perkuliahan fisika lingkungan dapat mengembangkan sikap ekologis mahasiswa calon guru melalui pemahaman konsep-konsep ecophysics. Pada penelitian selanjutnya, perlu mengembangkan kompetensi ekologis mahasiswa calon guru dalam kognitif, afektif, dan psikomotorik melalui berbagai model pembelajaran berbasis ecopedagogy.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Dewi Napitupulu, N. (2024). PENGEMBANGAN SIKAP EKOLOGIS MELALUI PEMBELAJARAN ECOPHYSICS BERBASIS ECOPEDAGOGY. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 113–118. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/48

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.