MISKONSEPSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TANJUNG BATU PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS

Authors

  • Adhila Mahardhika Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Syuhendri Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36706/jipf.v11i1.312

Keywords:

Miskonsepsi, Kinematika Gerak Lurus, Tes Diagnostic Four-Tier

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase dan bentuk miskonsepsi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Batu pada materi kinematika gerak lurus. Penelitian ini dilakukan pada 64 siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 di SMA Negeri 1 Tanjung Batu tahun ajaran 2023/2024. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes diagnostic kinematika gerak lurus yang terdiri dari 10 soal. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Diperoleh hasil yang siswa yang mengalami miskonsepsi sebanyak  41,56% termasuk dalam kategori sedang. Miskonsepsi tertinggi terdapat pada indikator soal menganalisis karakteristik gerak lurus berubah beraturan dengan persentase sebesar 57,29% yang masuk dalam kategori miskonsepsi sedang. Miskonsepsi terendah terdapat pada indikator soal menjelaskan tentang gerak lurus dengan persentase sebesar 25% termasuk dalam kategori miskonsepsi rendah. Penelitian ini dapat memberikan informasi tentang miskonsepsi yang terjadi pada materi kinematika gerak lurus di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Bagi peneliti lanjutan dapat melakukan penelitian lanjutan mengetahui penyebab miskonsepsi dan upaya untuk mengatasinya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Adhila Mahardhika, & Syuhendri. (2024). MISKONSEPSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TANJUNG BATU PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 11(1), 52–66. https://doi.org/10.36706/jipf.v11i1.312

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.