PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS FENOMENA ALAM PADA MATERI OPTIK GEOMETRI DI SMP
DOI:
https://doi.org/10.36706/jipf.v11i2.305Keywords:
Penelitian pengembangan, lembar kerja siswa, fenomena alam, valid, praktisAbstract
Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis fenomena alam pada materi Optik Geometri di SMP telah dilakukan dan diterapkan untuk pembelajaran Optik di kelas VIII SMPN 01 Indralaya Utara. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model Rowntree, dimana pada model pengembangan Rowntree ini terdiri dari tiga tahap, diantaranya tahap perencanaan, pengembangan, dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi ini menggunakan evaluasi formatif tessmer yang terbagi menjadi 4 tahapan, yaitu tahap self evaluation, expert review, one to one evaluation dan small group evaluation. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan walkhtrough dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan produk memperoleh persentase sebesar 90,83% dengan kategori sangat valid. Skor kepraktisan pada tahap one to one evaluation adalah 86.11% dengan kategori praktis, dan tahap small group evaluation sebesar 87.22% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, produk berupa lembar kerja peserta didik berbasis fenomena alam pada materi Optik Geometri di SMP berkualitas tinggi sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran Optik Geometri.