IDENTIFIKASI PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP BESARAN VEKTOR DAN BESARAN SKALAR PADA KONSEP MOMENTUM DAN ENERGI

Authors

  • Supardi Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan IPA Universitas Sriwijaya
  • Pradanto Poerwono Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan IPA Universitas Sriwijaya
  • Hadir Kaban Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan IPA Universitas Sriwijaya
  • Nilam Cahyati Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Keywords:

Vektor, Skalar, Momentum, Energi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pendahuluan yang bertujuan untuk mengidentifikasi pengetahuan awal mahasiswa mengenai besaran vektor dan skalar pada konsep momentum dan energi. Bentuk penelitian adalah penelitian deskriptif menggunakan metode campuran. Populasinya adalah seluruh mahasiswa yang mengikuti Kompetisi Olimpiade Fisika tingkat Universitas Sriwijaya tahun 2021 pada bidang Fisika dengan jumlah sampel 30 orang mahasiswa. Teknik pengumpuan data yang digunakan adalah metode tes. Pada tes ini juga disertakan tingkat keyakinan mahasiswa dalam menjawab soal dan alasan memberikan jawaban. Hasil peneltian menunjukkan bahwa sebanyak 60% mahasiswa menjawab pertanyaan dengan salah. Hal ini menunjukkan ketidakpahaman mahasiswa terhadap konsep, terutama pada operasi perkalian antara besaran vektor dan besaran skalar ataupun sesama besaran vektor. Kurangnya rasa kepercayaan diri akan kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa, juga menyebabkan kesalahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Supardi, Pradanto Poerwono, Hadir Kaban, & Nilam Cahyati. (2024). IDENTIFIKASI PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP BESARAN VEKTOR DAN BESARAN SKALAR PADA KONSEP MOMENTUM DAN ENERGI. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 8(2), 127–135. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/286

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.