PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TERINTEGRASI QUIZIZZ PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK
Keywords:
Quizizz, Penilaian, Kemampuan kognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengembangan instrumen penilaian terintegrasi quizizz pada materi impuls dan momentum untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik SMA Plus Muhammadiyah Merauke yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan tes model 4-D. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Plus Muhammadiyah semester ganjil sebanyak 19 siswa. Teknik Pengumpulan data berupa tes serta instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket validasi isi, Instrumen tes, dan lembar angket keterbacaan. Uji coba yang dilakukan menggunakan bantuan quizizz. Berdasarkan hasil analisis diperoleh 32 butir soal dinyatakan valid secara isi dengan syarat nilai CVR berkisar antara 0-0,99 atau 1 dan diperoleh 32 butir soal dinyatakan reliabel. Hasil keterbacaan melalui uji adalah 78% yang berarti keterbacaan instrumen dikategorikan tinggi sehigga instrumen penilaian kemampuan kognitif yang dikembangkan valid secara isi dan empiris dan reliabel untuk digunakan sebagai instrument penilaian.