PENGARUH BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
DOI:
https://doi.org/10.36706/jipf.v11i1.208Keywords:
blended learning, google sites, learning outcomes, learning media, work and energyAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pernyataan di lapangan dan hasil penelitian terdahulu yang menunjukan bahwa sarana prasarana dalam dunia pendidikan yang kurang profesional yang diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan pendidik akan sumber-sumber belajar sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik kurang optimal. Penulis mencoba menerapkan strategi pembelajaran yang baru dengan harapan adanya peningkatan hasil belajar setelah di pengaruhi oleh Blended Learning dan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh media pembelajaran Google Sites terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika materi usaha dan energi. Penelitian dilakukan terhadap peserta didik kelas X Mipa SMA Negeri 8 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan yakni metode quasy eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Poluasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya sebanyak 5 kelas dengan jumlah peserta didik 186 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara dan tes hasil belajar. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda bertingkat atau disebut Two-Tier Multiple Choice berjumlah 20 soal yang memuat level kognitif (C1) mengingat, (C2) memahami, (C3) menalar, dan (C4) menganalisis. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji validasi dan reabilitas, uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.