PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN BERBANTUAN SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Novinta Nurulsari Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lampung

Keywords:

hasil belajar, pendekatan kontekstual, schoology

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan pendekatan kontekstual dengan berbantuan Schoology terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tanjung Bintang dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMA Negeri 1 Tanjung Bintang berdasarkan teknik purposive sampling. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test, dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test, menunjukkan hasil analisis yang signifikan, sehingga dapat dinyatakan terdapat pengaruh penerapan pendekatan kontekstual dengan berbantuan Schoology terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, hasil uji N-Gain pretest dan posttest siswa menunjukkan kenaikan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dengan kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dengan berbantuan Schoology mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Novinta Nurulsari. (2024). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN BERBANTUAN SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 1–10. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/278

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.