PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI FISIKA SMA

Authors

  • Kistiono Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas sriwijaya

Keywords:

Tes Berpikir Tingkat Tinggi,Validitas,Reliabelitas.

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika SMA. Metode penelit ian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Risearch dan Development (R and D) dengan merujuk model penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh Tiaragajan dengan menggunakan emapat langkah,yaitu pendifinisian,perencanaan, pengembangan dan penyebaran. Populasi penelitian seluruh kls XII yang tersebar diseluruh wilayah kabupaten Ogan Ilir yang berjumlah 35 SMA berstatus negeri dan berstatus swasta yang berjumlah 3225 peserta didik untuk klls XII. Indikator yang dapat dikembangkan untuk jenjang kemampuan analisis (analyze) meliputi indikator: mengelompokkan, menjelaskan, menganalisis, membedakan dan menemukan. Penilaian (evaluate) meliputi:indikator membandingkan, menafsirkan, menyimpulkan dan membuat urutan. Untuk jenjang kemampuan penciptaan (create)indikatoryang dikembangkan: menggabungkan merencanakan, memformulasikan dan merealisasikan, dengan jumlah item tes 60 item tes (5 item tes untukmasing-masing indikator). Analisis reliabelitas dan validitas bersumber dari penskoran yang diberikan oleh validator dan alasan jawaban responden melalui empat indikator rubrikkemudian dianalisis dengan menggunakan teknik Cronback Alpha. Hasil analisis dapat disimpulkan: (1) Penilaian ke tiga validator didapat
untuk setiap butir tes didapat r hitung lebih besar dari> rtabel, hal ini menunjukkan bahwa intrumen tes yang dikembangkan valid, dan koefisien reliabelitas untuk setiap jenjang dimensi kemampuan didapat lebih besar
dari 0,7 hal ini menunjukkan bahwa butir-butir tes tes yang dikembangkan pada setiap indikator mempunyai reliabelitas yang baik. (2) Pada taha puji coba dengan 50 sampel didapat semua item butir tes mempunyai koefisien lebih besar dari 0,279 hal ini menunjukkan bahwa semua butir tes yang dikembangkan valid. analisis reliabelitas untuk setiap jenjang kemampuan didapat lebih besar 0,7 menunjukkan butir-butir tes yang dikembangkan pada setiap indikator mempunyai reliabelitas yang baik. (3) Pada tahap uji coba luas dengan 312 sampel didapat semua item butir tes mempunyai koefisien lebih besar dari 0,113 hal ini menunjukkan bahwa semua butir tes yang dikembangkan valid. analisis reliabelitas untuk setiap jenjang kemampuan didapat lebih besar 0,7 maka butir-butir tes tes yang dikembangkan pada setiap indikator mempunyai reliabelitas yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Kistiono. (2024). PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI FISIKA SMA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 70–81. Retrieved from https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/24

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 

You may also start an advanced similarity search for this article.